WHAT`S YOUR GOAL ?

Apakah Anda pernah mendengar cerita seperti ini ? :

Seorang Bapak menyetop bus di jalan. Setelah bus berhenti si Bapak tersebut langsung masuk dan duduk di kursi belakang. Beberapa jam kemudian si Bapak bertanya kepada penumpang yang lain “Bu, bus ini mau kemana ?” tapi si Ibu itu menjawab “Maaf Pak, saya kurang tahu, tanya saja kondekturnya”. Kemudian si Bapak bertanya kepada kondektur “Bang, bus ini mau kemana ?” si kondektur menjawab “maaf Pak, saya orang baru, coba Tanya sopirnya saja Pak”. Kemudian si Bapak bertanya kepada sang sopir “Pak, bus ini mau kemana?” si sopir juga menjawab “Maaf Pak, saya juga kurang tahu”.

Cerita ini hanyalah cerita illustrasi saja, karena tidak akan ada kejadian seperti itu di planet Bumi ini. Tapi mari simak berita menarik berikut :

Pesawat Wings Air jenis MD-82 dengan nomor penerbangan IW-8730 yang terbang dari Jakarta menuju Bandara International Minangkabau (BIM) melakukan pendaratan Senin 12/9/2005 sekitar pukul 10.10 WIB di Bandara Tabing yang membuat sekitar 130 orang penumpang terkaget-kaget. Berdasarkan informasi yang diperoleh, kasus salah mendarat itu akibat pilot tidak mengenali bandara BIM.   

Pengalaman saya adalah seperti ini : Ketika istri saya menanyakan “Pa, mau dibelikan makanan apa ?” sering saya jawab “terserah”. Biasanya kalau jawaban saya seperti itu, saya harus rela mendapatkan makanan yang belum tentu saya sukai. Lebih tidak enak lagi adalah saya harus rela menunggu berlama-lama karena istri saya mutar-mutar dulu kesana-kemari, dan pernah mobilnya ketabrak karena berhenti mendadak di depan warung sate. Kenapa bisa demikian ? karena saya tidak menetapkan satu tujuan dan istri saya juga tidak bisa menetapkan suatu tujuan.

Mungkin kita terlalu sibuk bekerja, bertumpuk-tumpuk kertas yang harus diselesaikan, kita terpancing untuk menanggapi semua issu yang berkembang, sibuk dengan detail-detail yang menyebar, yang membuat kita kehilangan arah untuk mencapai suatu tujuan.

Apakah Anda sudah mengenali tujuan yang akan Anda capai ?

Apakah Anda sudah berada di jalur yang tepat ?

Apakah Anda sudah memiliki keahlian untuk itu ?

Ronny Siagian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s