BERANI BERMIMPI

Ada beberapa yang saya kenal yang punya impian yang besar tapi tidak ditindak-lanjuti dengan suatu perbuatan nyata yang mengarah kepada impiannya tersebut. Tetapi lain halnya dengan seseorang yang bernama Tukijo seorang petani di Desa Kanigoro Kecamatan Saptosari Kabupaten Kidul Provisnsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tukijo sama sekali tidak pernah mengeyam pendidikan formal mengenai energy yang dihasilkan oleh bahan bakar biodiesel. Dia mendengar informasi dari sesama petani maupun warga lainnya kalau biji jarak yang semula tidak diperdulikan, dalam beberapa tahun kedepan akan memiliki harga tersendiri.

Kemungkinan dia juga sudah banyak mendengar terjadinya krisis bahan bakar yang berasal dari perut bumi seperti minyak dan batubara. Tentunya dia juga sudah mendengar keberhasilan dari pemakaian bahan bakar yang berasal pohon jarak.  Dengan demikian dia berani menanam lebih dari 15,000 batang pohon jarak di lahan pertaniannya, meskipun saat ini harga biji jarak yang sekitar Rp. 2,000 per kg belum terlalu menggembirakan. Tapi dia yakin suatu saat usahanya akan membuahkan keberhasilan.

Ronny Siagian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s