PERUBAHAN KECIL

Setelah 15 tahun berpisah, suatu ketika di pameran Franchise di Jakarta Convention Hall saya ketemu dengan seorang teman kuliah, dan kemudian dia berkomentar, “Ron, kamu kok kayaknya nggak berubah-berubah dari dulu”. Saya senang kalau yang dimaksud adalah fisik saya, karena itu berarti saya awet muda. Tapi sepanjang perjalanan pulang, saya masih tetap menganggap komentar teman saya

mengingat-ingat komentar teman saya tadi, karena 15 tahun yang lalu saya dan dia tinggal bersama dalam satu kamar kost merasa bahwa saya memang tidak terlalu banyak berubah baik didalam masih mikir-mikir komentar teman saya tadi. yang mengatakan “Ron, kamu kok kayaknya nggak berubah-berubah” terus teringiang-ngiang entah didalam hati atau didalam pikiran. Meskipun saya selalu katakan entah didalam hati atau didalam pikiran bahwa maksudnya adalah saya awet muda, tapi terus-terang saya jadi termotivasi untuk berubah bukan menjadi seperti dia yang sudah menjadi pengusaha sukses akan tetapi menjadi diri sendiri yang sukses.

Saya mulai memunculkan kembali impian saya yang sudah lama terpendam didalam tumpukan waktu dan kesibukan. Memang impian bisa menggerakkan hati kita agar melakukan perubahan namun sering sekali kita ingin segera menggapai impian kita, tapi kita tidak melakukan apa-apa, masih saja tetap berada dalam impian. Kalau begitu halnya kita tidak akan bisa mencapai impian tersebut. Oleh karena itu kita harus bertindak atau melakukan sesuatu, meskipun hal itu adalah hal-hal kecil. Tentu saja kita harus terlebih dahulu memiliki gambaran besar ( blue print ) dari impian kita, dengan demikian kita bisa melihat apakah hal sepele yang kita lakukan membuat kita berubah dan mengarah kepada impian kita.

Rencanakan dan lakukanlah perubahan kecil dalam kehidupan Anda sehari-hari. Apa saja hal-hal kecil yang baik lakukanlah segera. Anda mungkin tidak terbiasa tersenyum ketika berpapasan dengan orang, mulailah tersenyum dengan istri atau suami atau tetangga Anda. Mungkin mereka yang sudah mengenal Anda bukan tipe orang yang ramah sehingga mereka heran dan penuh curiga dengan perubahan Anda. Tidak apa-apa karena Anda akan merasakan manfaat dari keceriaan Anda sendiri. Suatu saat Anda akan terbiasa tersenyum dan ramah sehingga setiap orang akan nyaman disamping Anda.  

Orang yang tidak bisa mengubah cara berpikirnya tidak bisa mengubah apa-apa

Orang baru mau mulai berubah jika ia sudah merasakan panasnya, bukan karena melihat cahayanya

Kebodohan tidak akan berubah menjadi kebenaran dengan adanya seribu orang yang mengatakan bahwa kebodohan itu benar

Mengubah alamat Anda tidak akan mengubah masalah Anda

Jika Anda mau berprestasi dan menjadi bintang, sering kali Anda harus berjalan melawan arus

Ada seorang teman yang menjadi bingung harus memulai perubahan dari mana, ibarat seseorang yang ingin membersihkan rumah yang sudah lama tidak ditempati sehingga kotoran ada dimana-mana, tidak tahu memulai dari mana.

Mulailah berubah dari hal-hal kecil.

Ronny Siagian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s