TALENTS

Mungkin Anda sering mendengar bahwa setiap manusia pasti memiliki bakat alami yang dibawa semenjak lahir, dan kalau dioptimalkan maka bakat tersebut akan menjadi kekuatan yang luar biasa. Nah sekarang pertanyaannya adalah : Apakah Anda mengenali bakat-bakat yang Anda miliki ?

 Pertanyaan ini menjadi penting untuk direnungkan karena kebanyakan karyawan dan calon karyawan yang pernah saya interview tidak bisa menjawab dengan pasti mengenai bakat apa saja yang mereka miliki. Mungkin kondisi ini terjadi karena semenjak lahir mereka senantiasa didominasi oleh para orang tua yang cenderung menekankan keinginan mereka kepada anak-anaknya.

 Untunglah belakangan ini para orang tua di Indonesia sudah banyak yang menyadari bahwa kesuksesan seseorang sangat dipengaruhi oleh bakat alaminya, sehingga mereka mulai mencari kursus-kursus yang bisa mengoptimalkan bakat alami anak-anak mereka. Televisi Indonesia juga sudah banyak menyiarkan acara perlombaan ketrampilan bakat, seperti Akademi Fantasi Indonesia, Indonesian Idol, Star Dut, Idola Cilik, Multitalent Be A Star, Dai Cilik dan lain-lain. Dalam acara-acara tersebut kita sering mendengar komentar dari para dewan juri yang mengatakan “Optimalkan Bakat Anda”. 

 Kenali Bakat Alami Anda

 Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan bakat ? Bakat yang juga disebut sebagai talenta adalah pola pikir, perasaan, dan prilaku yang secara alami dapat terlihat pada diri seseorang. Kalau Anda bisa melakukan sesuatu maka Anda dikatakan punya kemampuan, namun bakat akan memperlihatkan sebaik dan sesering apa Anda melakukan sesuatu tersebut.

Menurut Howard Garner, yaitu seorang pendidik di Harvard University, Amerika, bakat dibagi dalam delapan kategori Multiple Intelligences, yaitu :

  1. Kecerdasan Berbahasa (Linguistic Intelligence).
  2. Kecerdasan Logika (Logical Intelligence).
  3. Kecerdasan Ruang (Spatial Intelligence).
  4. Kecerdasan Musik (Musical Intelligence).
  5. Kecerdasan Tubuh-Kinestetik (Bodily-Kinesthetic Intelligence).
  6. Kecerdasan Interpersonal (Interpersonal Intelligence).
  7. Kecerdasan Intrapersonal (Intrapersonal Intelligence).
  8. Kecerdasan Natural  (Natural Intelligence).

 Kondisi-kondisi berikut ini akan membantu Anda untuk mengenali bakat yang Anda miliki, yaitu :

  • Memiliki hasrat.

Ketika Anda melihat, mendengar atau menerima ajakan dari seseorang untuk mengerjakan suatu aktivitas, Anda merasa memiliki hasrat yang kuat untuk mengerjakannya. Anda juga begitu asyik pada saat mengerjakannya sehingga Anda masih berusaha mengulur-ulur waktu ketika saatnya untuk istirahat. Apabila Anda merasakan seperti itu, bisa jadi bahwa kegiatan tersebut adalah salah satu dari bakat alami Anda.

  • Kemampuan menguasai.

Apabila ada pekerjaan yang baru diperkenalkan pada Anda, sepertinya Anda tidak susah untuk mempelajarinya, bahkan Anda bisa melewati langkah-langkah yang belum diajarkan. Anda bisa menguasai pekerjaan tersebut dengan cepat dibandingkan dengan pekerjaan yang lain. Kelihatannya Anda berbakat dalam pekerjaan tersebut.

  • Merasa puas.

Ketika mengerjakan pekerjaan tersebut, Anda tidak saja hanya merasa senang tetapi juga merasa puas dengan hasil yang Anda peroleh.

  • Pendapat orang lain.

Menurut orang lain, Anda memiliki bakat dengan kegiatan yang sedang Anda kerjakan. Tentu saja orang lain tersebut adalah orang yang Anda percaya bahwa mereka memberikan penilaian yang jujur.

 Kondisi-kondisi diatas menuntut Anda untuk melakukan sesuatu aktivitas, dengan demikian Anda bisa mengetahui apakah Anda memiliki hasrat, terlihat lebih cepat menguasai, merasa puas dan mengetahui kesan orang lain pada saat Anda melakukannya. Jadi apabila Anda belum juga mengenali bakat alami Anda, kerjakanlah hal-hal yang baru yang selama ini belum pernah Anda kerjakan.

 Cari Peluang untuk Mengembangkan Bakat Anda

 Setelah Anda benar-benar mengerti bakat yang Anda miliki, cobalah menemukan peluang untuk mengembangkan atau mengoptimalkannya di tempat Anda bekerja saat ini. Peluang bukanlah hanya posisi atau jabatan yang kosong yang diumumkan di kolom iklan atau di papan pengumuman, tetapi juga sesuatu yang Anda lihat bahwa bakat dan keahlian Anda dibutuhkan disana. Mungkin pimpinan Anda tidak mengenal bakat yang Anda miliki sehingga dia tidak bisa menempatkan pekerjaan atau posisi yang tepat bagi Anda, tapi sesungguhnya Anda mengetahuinya. Oleh karena itu carilah atau ciptakanlah peluang agar Anda bisa menempati suatu posisi dimana Anda bisa mengembangkan bakat alami Anda disana.

 Mungkin Anda seorang karyawan yang saat ini bekerja di bagian produksi tapi Anda memiliki bakat di bidang lukis-melukis. Atau Anda bekerja di bagian engineering yang memiliki bakat menyanyi atau berbicara dalam banyak bahasa. Atau Anda karyawan yang bekerja sebagai tenaga penjual namun Anda memiliki bakat di bidang hitung-menghitung atau apa saja bakat Anda. Saya katakan sayang sekali kalau Anda membiarkan bakat tersebut hanya sekedar bakat tanpa ada usaha untuk mengembangkan dan mengoptimalkannya. Sediakanlah waktu Anda sejenak untuk melihat peluang untuk mengembangkan bakat Anda dimanapun Anda bekerja.

 Jadikan Bakat menjadi Kekuatan

 Segera setelah Anda mengenali bakat alami Anda dan telah menemukan peluang dimana Anda bisa mengembangkannya, maka selanjutnya adalah mengoptimalkannya supaya menjadi suatu  kekuatan bagi Anda. Anda membutuhkan pengetahuan tambahan dan latihan-latihan untuk menjadikan bakat yang Anda miliki menjadi suatu kekuatan ( strength ) Anda yang luar biasa untuk mencapai puncak karier Anda.

 Setelah Anda sudah memiliki kekuatan di bidang tertentu, bukan berarti sudah tidak ada lagi bakat tersembunyi lain didalam diri Anda yang menunggu untuk ditemukan. Memang Anda tidak bisa unggul dalam segala hal, tetapi Anda bisa mengoptimalkan bakat-bakat alami Anda.  

 Ronny Siagian
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s