SURVIVAL IN THE GLOBAL CRYSIS

Kiat Karyawan untuk Menghadapi Krisis Global

 Entah Anda memahami latar belakang Krisis Global yang terjadi saat ini atau tidak, tapi kelihatannya krisis yang berawal dari negara adikuasa Amerika Serikat itu, terasa juga di negara kita Indonesia ini. Meskipun dampak krisis global tidak berdampak sangat serius tapi ada juga beberapa perusahaan yang harus mengurangi  jam kerja bahkan mengurangi tenaga kerjanya mereka.

 “Sejauh ini, dari laporan kira-kira ada enam perusahaan yang sudah melakukan PHK. Tapi tidak bisa saya sebutkan. Jumlah karyawan yang terkena PHK itu mencapai 1.200-an orang. Perusahaan yang melakukan PHK itu kebanyakan di sektor manufaktur, khususnya garmen” kata  Menteri Tenaga Kerja dan Trasmigrasi ( Mennakertrans ) Erman Suparno, Kamis 30 Oktober 2008.

 Beruntunglah Anda yang masih tetap bekerja hingga saat ini, dan mudah-mudahan Anda tetap bisa bertahan di Era Krisis Global yang banyak mengancam para karyawan di banyak perusahaan. Namun agar Anda tidak hanya menunggu nasib yang ditentukan oleh pihak perusahaan, maka saya akan mencoba memberikan kiat – yang sebenarnya tidak terlalu susah – agar tetap dipekerjakan oleh bos Anda, yaitu :

 Memahami Problem Perusahaan

Ternyata banyak juga karyawan yang tidak mengerti problem yang dialami oleh perusahaan dimana dia bekerja. Ya memang tidak semua problem suatu perusahaan dibiarkan untuk diketahui oleh karyawannya, tapi Anda bisa saja melihat secara umum dari kesibukan perusahaan, seperti penjualan dan pengiriman, kesibukan produksi dan mungkin dari kebijakan yang diambil oleh pihak manajemen.

 Menempatkan Diri dengan Tepat

Dengan memahami problem yang sedang dialami oleh perusahaan Anda, maka seyogianya Anda bisa menempatkan diri Anda dengan tepat. Jangan pada saat perusahaan Anda sedang mengalami problem keuangan tapi Anda malah melakukan kegiatan-kegiatan yang menghabiskan uang. Mungkin saja kegiatan Anda tersebut tidak salah bahkan mungkin merupakan suatu terobosan yang bagus tapi sebaiknya Anda mempertimbangkannya dari sisi problem perusahaan.

 Membantu Perusahaan

Anda akan tetap dipekerjakan meskipun perusahaan Anda sedang mengalami masalah keuangan apabila Anda selalu menunjukkan usaha untuk membantu perusahaan. Seperti saya sudah katakan sebelumnya bahwa sebenarnya usaha membantu perusahaan untuk menghadapi masalah mereka tidaklah terlalu susah, yaitu :

 Ikut Aturan

Ikuti saja peraturan yang berlaku di perusahaan Anda. Memang agak mengkuatirkan apabila selama ini Anda sudah terbiasa tidak mengikuti peraturan, tapi mulai sekarang ikutilah semua peraturan yang berlaku.

 Disiplin

Disiplin merupakan kunci utama untuk mempertahankan diri supaya tetap dipekerjakan oleh perusahaan. Ada beberapa kegiatan yang membutuhkan disiplin yang lebih dari sekedar mengikuti peraturan.

 Kreatif

Kembangkan kreatifitas Anda dalam membantu perusahaan memecahkan masalahnya. Tentu kreatifitas yang dimaksudkan adalah sesuatu yang bisa mengurangi bahkan menghilangkan biaya yang selama ini dikeluarkan oleh perusahaan, atau sesuatu yang bisa memberi nilai tambah bagi perusahaan.

 Pintar Mencari Peluang

 Saya tidak menyarankan Anda supaya pintar mencari muka kepada pimpinan tapi pintar mencari peluang dimana Anda bisa berperan untuk membantu pimpinan atau perusahaan Anda. Karyawan yang selalu memperhatikan situasi perusahaan dan bisa membaca pikiran dari pimpinan adalah karyawan yang bisa dengan cepat menemukan peluang untuk membantu pimpinannya.

 Tulus dalam Bekerja

 Kesemua kiat diatas akan gagal atau setidaknya akan membuat Anda kecewa ketika Anda melakukannya dengan terpaksa hanya untuk diri Anda sendiri. Oleh karena itu cintailah pekerjaan Anda dan bekerjalah dengan tulus, maka Anda akan mendapatkan manfaat yang besar bagi jiwa dan karier Anda.

 Selamat bekerja, berkarya dan berprestasi.

 Ronny Siagian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s