MAU HIDUP LEBIH LAMA ? OPTIMIS !

Ada banyak orang yang mempunyai tips-tips agar tetap  awet muda dan hidup lebih lama. Dan memang banyak orang yang berusaha untuk bisa hidup lebih lama, yaitu dengan cara berolah raga, therapy medis, mengatur pola makan dan dengan mengkonsumsi berbagai makanan atau minuman suplemen.

Orang selalu berkata bahwa umur manusia ada di tangan Tuhan. Benar, tapi manusia juga diberi akal budi untuk menjaga kesehatan agar bisa panjang umur.

Akhir-akhir ini sekolompok peneliti dari University of Pitsburg yang dipimpin oleh DR. Hillary Tindle membuat suatu kesimpulan bahwa “Orang yang Optimis akan hidup lebih lama“.

Para peneliti ini mengkaji angka rata-rata kematian dan kondisi kesehatan kronis di kalangan 100,000 perempuan yang berusia 50 tahun ke atas sejak 1994. Perempuan yang memiliki sifat optimistis – yaitu orang yang selalu memperkirakan sesuatu yang baik akan terjadi dan bukan sesuatu yang buruk, yang mempercayai orang lain dan bukan curiga terus – lebih jarang mengalami penyakit yang macam-macam, seperti sakit jantung, stroke, kanker, diabetes dan lain-lain.

Kemudian saya bertanya-tanya, kenapa orang yang optimis bisa hidup lebih lama. Saya jawab dengan begini :

  • Orang yang optimis selalu memandang sesuatu dengan positif. Positif berarti sesuatu yang semakin besar, sebaliknya yang negative adalah sesuatu yang berkurang.
  • Orang yang optimis lebih banyak berpikir agar apa yang diinginkannya tercapai. Kata orang bijak, otak manusia akan lebih awet apabila sering dipergunakan untuk berpikir, kalau orang malas berpikir maka otaknya juga cepat tua.
  • Orang yang optimis lebih banyak bekerja sesuai dengan yang sudah direncanakan atau diharapkan. Orang yang banyak bekerja akan membuat tubuh atau raga lebih terlatih, sehingga anggota tubuh selalu berfungsi dengan benar dan sehat.
  • Orang yang optimis lebih banyak bergaul dengan orang ataupun lingkungan. Orang yang banyak bergaul akan lebih banyak menggunakan hati atau perasaan, dengan demikian jiwanya lebih terlatih dan sehat.

Ini semua hanya pemikiran saya saja. Tapi saya setuju dengan hasil penelitian Dr. Hillary Tindle, “Orang yang Optimis, hidup lebih lama”. Tapi untuk apa hidup ? Pertanyaan yang sangat hakiki ini masing-masing kita menjawabnya.

Ronny Siagian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s