BE HAPPY AT WORK

Mungkin Ada pernah memperhatikan seseorang yang tampangnya cemberut setiap hari, bahkan setiap pagi ketika mau berangkat kerja perutnya selalu mulas. Pasti orang tersebut tidak menikmati pekerjaannya atau jangan-jangan ada seseorang yang mengancamnya di tempat kerjanya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kita didalam menikmati pekerjaan, yaitu lingkungan, teman kerja dan jenis pekerjaan itu sendiri.

Berikut saya berikan 5 Tips yang dapat Anda ikuti agar lebih menikmati pekerjaan Anda.

 Tetapkan pekerjaan yang Anda sukai

Tidak satu orangpun yang bisa menikmati semua pekerjaan dari A sampai Z. Ada beberapa pekerjaan dimana seseorang lebih  menikmatinya dibandingkan orang lain. Agar Anda bisa senantiasa menikmati pekerjaan Anda, maka dari awal sebelum memilih pekerjaan Anda sudah harus menentukan pekerjaan apa saja yang Anda harus pilih. Anda akan menghabiskan waktu untuk menyesuaikan diri dengan pekerjaan yang sangat menjengkelkan Anda.

 Saya harus menikmati kerja saya hari ini

Sekarang Anda sudah dapat pekerjaan maka  tanamkanlah pernyataan ini dalam benak Anda: “Saya harus menikmati kerja saya hari ini”. Ketika Anda sudah memposisikan diri untuk menikmati pekerjaan Anda, maka kemungkinan besar hal itu akan terjadi. Mulailah bergerak dari sudut positip, niscaya Anda akan menemukan bahwa segala sesuatunya akan lebih indah.

 Aktif dan Profesional

Jangan bersikap pasif dalam bekerja. Kebanyakan orang yang bekerja pasif tidak bisa menikmati apa yang mereka kerjakan bahkan akhirnya mereka menjadi bosan. Apabila Anda aktif dan professional dalam apa saja yang Anda kerjakan maka Anda pasti memperoleh hasil yang bagus.

 Menyukai Feedback

Mintalah feedback dari rekan kerja dan pimpinan Anda. Orang yang bekerja dengan baik justru akan mendapatkan feedback positip yang lebih banyak. Manfaatkanlah hal ini untuk meningkatkan moral Anda dalam bekerja. Moral yang lebih baik akan menghasilkan performa yang lebih baik. Jadi cobalah menciptakan suatu loop feedback positip yang akan memperbaiki kenerja Anda dalam bekerja.

 Belajar berkata Tidak

Beberapa orang susah mengatakan “tidak” meskipun hal tersebut tidak bisa dipenuhinya. Bersepakat dengan tugas yang tidak mungkin Anda kerjakan akan membuat Anda stress dan tidak nyaman bekerja. Belajarlah untuk mengatakan ”tidak” bahkan kepada pimpinan Anda  kalau memang hal tersebut tidak bisa Anda kerjakan. Hal itu tidak menunjukkan bahwa Anda tidak mampu tapi justru memperlihatkan profesionalisme Anda.

 Ronny Siagian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s