AM I DIFFERENT ? – Important for Your Career

Ketika saya dan keluarga hendak makan di salah satu restoran pujasera, kami harus antri karena semua meja sudah terisi. Saya melihat setiap kali ada orang yang sudah selesai makan dan beranjak dari kursinya – meskipun meja belum dibersihkan dari sisa-sisa makanan – namun tamu sudah langsung menyerobot,

Di restoran pujasera, petugas yang membersihkan meja berbeda dengan petugas yang menyajikan pesanan.  Namun saat itu saya melihat ada sesuatu yang berbeda dari seorang wanita pelayan pengantar makanan. Meskipun pengunjung sangat ramai namun selama pengamatan saya wanita itu tidak mengalami masalah untuk mengantarkan pesanan.  Kelihatannya dia sangat menguasai liku-liku dari layout restoran tersebut. Matanya selalu mengawasi setiap perubahan yang terjadi di dalam restoran sehingga dia mengetahui kondisi terkini dari restoran.

Hal yang menarik lagi adalah, meskipun ada petugas khusus yang membersihkan meja tapi dia masih sempat membersihkan beberapa meja lainnya, tanpa melalaikan pekerjaan dasarnya. Dia berpakaian rapi dilengkapi kain lap yang menggantung dikantong belakang celana dan dia selalu tersenyum dalam melakukan pekerjaannya, berbeda sekali dengan temannya yang terlihat cemberut. Mungkin teman-temannya sudah terlebih dahulu membayangkan capeknya melayani tamu sebanyak itu.

Saya kemudian menyimpulkan bahwa si pelayan wanita itu tidak saja mengetahui kondisi terkini dari restoran akan tetapi dia bisa bertindak untuk mencegah masalah yang mungkin terjadi. Saya yakin suatu saat wanita itu akan memperoleh kesuksesan dalam karirnya.

Menurut pengamatan saya banyak karyawan yang fokus kepada bidang pekerjaannya namun tidak bisa melihat persoalan yang dihadapi perusahaan secara umum. Pimpinan yang lebih atas dengan pandangannya yang lebih luas tentu saja bisa melihatnya. Oleh karena itu, karyawan ataupun profesional seperti pelayan yang saya contohkan diatas akan dianggap cocok untuk dipromosikan ke posisi yang lebih baik.

Am I different ? Cobalah renungkan sejenak ; Apakah saya cukup berbeda di tempat saya bekerja atau saya hanya seorang karyawan biasa-biasa saja.

Ronny Siagian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s