MANAGEMENT STYLE

Kalau budaya perusahaan ( corporate culture ) disebut sebagai nilai-nilai atau keyakinan yang menghasilkan pola prilaku tertentu  dari keseluruhan sumber daya manusia yang ada dalam suatu perusahaan maka gaya manajemen ( management style ) lebih bersifat kepada bagaimana cara atau style dari para pemimpin memperlihatkan budaya yang berlaku di perusahaan tersebut.  Oleh karena itu gaya manajemen sangat dipengauhi oleh gaya kepemimpinan dari board of  commissioners ataupun board of directors.

 Hingga saat ini, perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia belum memiliki gaya manajemen yang khas yang bisa disebut gaya management Indonesia, akan tetapi merupakan adopsi atau kombinasi dari gaya manajemen dari negara-negara seperti Jepang, China,  Amerika atau Eropa ( Barat ).

 Jika Anda adalah karyawan yang baru bergabung di salah satu perusahaan dengan gaya management Jepang yang kental dengan unsur kesenioran, maka Anda harus menonjolkan unsur-unsur positip lainnya seperti kepemimpinan Anda dalam memajukan team work. Namun bila Anda bekerja di perusahaan dengan gaya manajemen Amerika atau Eropa, Anda tidak perlu kuatir meskipun Anda bukan karyawan senior, namun Anda harus menunjukkan kemampuan analisa Anda dan menunjukkan terobosan-terobosan untuk menciptakan berbagai efisiensi dalam perusahaan tersebut. Jika Anda bekerja di perusahaan dengan gaya manajemen China atau Chinese Family-Owned Entreprise, maka Anda harus memiliki jiwa kekeluargaan dan dedikasi yang kuat terhadap perusahaan. 

 Dengan memahami gaya manajemen perusahaan dimana Anda bekerja, maka Anda akan lebih enak bekerja dan langkah Anda menuju tingkat yang lebih tinggi ( Go To The Higher Level by Ronny Siagian ® ) akan lebih ringan.

 Ronny Siagian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s