MENGETAHUI KEINGINAN ATASAN

boss-hates-meKalau Anda pernah melihat operasi bedah di rumah sakit atau lewat tayangan televisi, cobalah perhatikan cara mereka bekerja. Dokter yang sedang melakukan operasi  bedah cukup mengulurkan tangannya saja maka para asisten akan mengetahui alat apa yang dibutuhkan oleh dokter tersebut. Kenapa bisa demikian ? Saya pernah menanyakan hal itu kepada seorang dokter bedah, dan dia mengatakan bahwa hal itu sudah merupakan pekerjaan mereka sehari-hari. Tapi meskipun demikian tentu saja mereka sudah membicarakannya terlebih dahulu, dan masing-masing orang sudah diberi tugas sesuai dengan bidang keahliannya. Tapi coba perhatiakan ketika operasi berlangsung, para asisten selalu memperhatikan apa yang sedang dikerjakan dan dipikirkan oleh sang dokter, sehingga mereka mengetahui apa yang diinginkan oleh dokter bedah tersebut.

Mungkin Anda juga pernah mengikuti pertemuan bisnis yang diikuti oleh sejumlah perwakilan dari beberapa perusahaan. Dalam pertemuan tersebut mungkin Anda menjadi cemburu karena melihat percakapan yang hangat antara seorang pimpinan dengan anak buahnya. Anda membatin, “seandainya pimpinanku seperti dia”.  Tapi sesungguhnya apakah sikap pimpinan Anda yang tidak bersahabat tersebut adalah semata-mata karena dia sendiri atau ada faktor lain dari diri Anda ?. Cobalah periksa diri Anda, apakah Anda orang yang enak diajak berdiskusi atau tidak ?.

Percakapan antara dua orang atau lebih akan terlihat lebih hangat ketika mereka memiliki kesesuaian dalam hal pengetahuan, pengalaman dan pemikiran sehingga mereka bisa saling mengerti apa yang sedang diperbincangkan bahkan yang sedang mereka pikirkan. Apakah Anda sudah memiliki kesuaian dengan pimpinan Anda ?

Biasanya dalam suatu rapat evaluasi karyawan para pimpinan diminta menjelaskan alasan kenapa seseorang yang mereka ajukan layak untuk dipromosikan. Biasanya alasan yang sering disampaikan selain dari adanya posisi yang kosong adalah tingkat penguasaan dari orang tersebut dalam menjalankan pekerjaannya, kemampuannya mengambil keputusan, kepemimpinannya dan kemampuan-kemampuan lain. Tapi ada suatu hal yang meskipun jarang diungkapkan oleh pimpinan tapi justru merupakan alasan yang paling dipertimbangkan yaitu unsur kecocokannya dengan orang yang dipromosikan. “Dia adalah anak buah yang mengerti apa yang saya maksud, saya dia tidak perlu repot-repot menjelaskannya kepadanya”, demikian alasan pimpinannya.

Apakah Anda orang yang cocok bagi pimpinan Anda ? Apakah Anda mengerti apa yang sedang dipikirkan oleh pimpinan Anda ? Saya tidak bermaksud agar Anda menjadi seorang paranormal. Namun sebagai bawahan Anda harus bisa membaca apa yang sedang dipikirkan oleh pimpinan Anda.

Cara yang paling tepat untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh pimpinan Anda adalah dengan menanyakannya secara langsung kepadanya. Persoalannya adalah apakah Anda memiliki kesempatan dan keberanian untuk melakukannya ? Tapi sekiranya Anda memiliki kesempatan dan keberanian, belum tentu pimpinan Anda selalu bersedia melayani Anda. Bertanya secara langsung kepada pimpinan lebih tepat atau efektif ketika kita hendak mengkorfirmasikan perintah yang diberikannya.

Sebenarnya Anda bisa mengetahui apa yang sedang dipikirkan oleh pimpinan Anda dengan memperhatikan apa yang sedang dilihat, diperhatikannya dan yang sedang dibicarakannya. Selanjutnya Anda harus mencari dan mempelajari informasi yang berhubungan dengan itu semua, sehingga ketika pimpinan Anda mendapati bahwa Anda memahami apa yang sedang dipikirkannya dan dia merasakan bahwa Anda enak diajak berbicara dan berdiskusi, maka suatu saat dia Anda akan memberi tugas yang berhubungan dengan itu.

Apakah dengan demikian Anda dikatakan sebagai orang yang asal bapak senang (ABS), penjilat atau orang yang cari-cari muka (carmuk) ? Bukan. Sejauh Anda mampu melakukan tugas tersebut secara profesional, berkualitas, jujur dan rendah hati, maka Anda pantas mendapatkan promosi dari pimpinan Anda.

Ronny Siagian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s