LEAD YOURSELF – Before Leading Others –

LeaderAda anggapan bahwa menjadi seorang pemimpin adalah suatu kedudukan yang terhormat dan seorang pemimpin akan mendapatkan penghasilan yang lebih baik dari orang-orang yang dipimpinnya. Anggapan seperti itu membuat banyak orang yang berlomba-lomba untuk menjadi seorang pemimpin. Hal itu tidak selalu benar meskipun pada umumnya dalam organisasi komersial memang pemimpin seringkali memperoleh benefit yang lebih baik dibandingkan orang-orang yang dipimpin.

 Pemimpin dan kepemimpinan adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan karena kepemimpinan pasti melekat pada sosok pemimpin itu sendiri. Masalahnya adalah apakah pemimpin tersebut memiliki kepemimpinan yang bagus atau tidak karena hal tersebut akan berdampak kepada hasil yang akan diperoleh oleh organisasi tersebut ataupun si pemimpin itu sendiri.

Seorang pemimpin tentunya harus bisa memimpin orang lain. Akan tetapi sebelum menjadi seorang pemimpin yang memimpin banyak orang, ada persyaratan yang harus dimiliki : dia harus bisa memimpin dirinya sendiri. Jadi starting point dari semua kepemimpinan adalah belajar memimpin diri sendiri. Di dunia militer diajarkan bahwa untuk menjadi pemimpin yang baik terlebih dahulu Anda harus menjadi pengikut yang baik. Dan hal ini berlaku juga dalam kehidupan kita secara umum.

 Berikut ada tujuh hal yang akan menuntun perjalanan Anda untuk memimpin diri Anda sendiri.

 Exhibit Self Control

Agar bisa sukses memimpin diri sendiri  Anda harus bisa mengendalikan nafsu atau emosi Anda yang berlebihan. Apakah Anda cenderung untuk marah dengan tidak semestinya dan menyerang orang-orang ketika mereka tidak melakukan sesuai keinginan Anda ? Apakah Anda masih memiliki sifat menyimpan dendam ? Anda harus belajar mengendalikannya.

 Live Wisely

Agar bisa memimpin diri sendiri Anda harus belajar untuk hidup bijaksana. Kehidupan yang bijaksana artinya belajar untuk menetapkan pilihan yang terbaik. Segala sesuatu yang sudah Anda pelajari tentang leadership, terapkanlah dalam hidup Anda secara bijaksana. Ketika Anda sudah melatih self control dan membangun kehidupan yang bijaksana maka langkah selanjutnya akan menyusul secara alami.

 Build a Good Reputation

Ada suatu pepatah mengatakan “ reputasi yang baik melebihi kekayaan yang melimpah, mendapatkan penghargaan yang tinggi lebih baik daripada memilik perak ataupun emas.” Jika Anda ingin menjadi pemimpin yang sukses, Anda harus mempertimbangkan reputasi Anda dalam suatu komunitas. Apakah Anda dikenal sebagai seseorang yang dapat dipercaya ? Apakah ucapan Anda bisa dipegang ? Apakah Anda orang yang plin-plan ? Hal-hal ini akan menjadi pertanda dari seberapa baik Anda memimpin diri Anda sendiri.

Be Hospitable

Salah satu jalan yang terbaik menuju kesuksesan adalah keramahan kepada orang lain. Tentu saja salah bentuk keramahan adalah menerima orang lain datang ke rumah Anda sendiri. Akan tetapi bisa saja lebih sederhana  dari hal itu yaitu dengan cara mengundang orang lain untuk bergabung dengan Anda dalam beberapa aktivitas. Cobalah. Apabila Anda ingin makan siang di kantor ajaklah seseorang bersama Anda. Jika Anda melihat seseorang sedang mencari tempat duduk di restoran atau di suatu seminar, tawarkanlah kursi kosong di sebelah anda tanpa membuat mereka bertanya “apakah kuris ini kosong ?”

 Share What You Know

Sekali lagi ini akan kembali membuat Anda melayani orang lain. Apakah Anda mempunyai pengetahuan atau pengalaman yang telah membuat Anda lebih baik ? Bagikanlah hal itu kepada orang lain.

 Be Gentle

Jika Anda benar-benar ingin merubah orang yang melakukan kesalahan, belajarlah melakukannya dengan lemah-lembut. Berdialog dengan lemah-lembut dengan orang lain adalah suatu indikator kunci dari pengendalian diri sendiri. Jangan salah mengerti dengan lemah-lembut, hal ini bukan berarti melulu lemah atau melulu lembut.

 Love Peace

Kalau ada perselisihan di sekitar Anda, hal itu berarti Anda mempunyai sesuatu yang harus dikerjakan yaitu membawa damai. Mencintai kedamaian bukan bicara masalah politik, akan tetapi sesuatu yang harmonis, tenangan atau tentraman di sekitar Anda. Mencintai kedamaian berarti Anda tidak mengganggu orang lain tapi justru membuat orang laim merasa damai.

 Ronny Siagian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s