BE POSITIVE

positive_thinking_1087895Pernahkah Anda mendengar komentar seseorang yang mengatakan “saya merasakan ada aura negatif di tempat ini”. Saya bilang dia sok tahu ! Tapi diam-diam saya mencoba  mengoptimalkan semua indera perasaan saya siapa tahu saya bisa merasakan seperti halnya orang tersebut. Ayo, mari ikut dengan saya membayangkan ketika kita berada dalam suatu ruangan dimana terdapat orang-orang yang selalu marah-marah, wajah sinis, penuh gossip, ucapan menyindir dan menyakiti hati, tekanan berlebihan, wajah stress mungkin kita akan setuju dengan komentar orang tersebut.  Sebaliknya mari kita bayangkan ketika kita berada dalam suatu ruangan dimana terdapat orang-orang yang selalu senyum, menyapa dengan ramah, kata-kata yang menghibur dan menguatkan, wajah ceria, kata-kata pujian dan penuh semangat oh.. indah sekali, mungkin ini namanya aura positif.

 Kalimat Positive Thinking mungkin sudah sering kita dengar, tapi mari kita coba bedakan berdasarkan objeknya, yaitu berpikir positif terhadap diri sendiri, berpikir positif terhadap orang lain, berpikir positif terhadap pekerjaan, dan berpikir positif terhadap dunia sekitar kita.

 a.     Positif terhadap diri sendiri

 Berpikir positif terhadap diri sendiri, berarti pertama-tama melihat dan menyikapi diri sendiri dari sisi positif. Termasuk dalam hal ini menerima diri sendiri, menyadari kekurangan dan kelebihan diri sendiri, menghargai diri sendiri, serta terutama membangun dan memimpin diri sendiri. Hasil paling nyata dari pikiran positif adalah lahirnya rasa percaya diri yang kuat namun sehat.

Bagaimana mungkin orang bisa berkembang dengan motivasi yang kuat apabila dia sendiri selalu berpikir negatif tentang dirinya sendiri. Sedikit-sedikit menyalahkan diri sendiri. “Ah, dasar gue emang bodoh, emang gue dilahirkan menjadi pecundang, gue nggak pernah benar”.

Pikiran negatif seperti itu akan menteror Anda habis-habisan, dan suatu saat Anda akan berakhir secara mengerikan. Hilangkan pikiran seperti itu. Anda diciptakan oleh Sang Pencipta dengan segala kelebihan, Anda memiliki banyak kelebihan yang orang lain tidak memilikinya. Pikirkanlah selalu kelebihan Anda, jangan ditutupi tapi berikan ruang gerak bagi kelebihan Anda. Anda akan menjadi orang yang HEBAT.

 b.    Positif terhadap orang lain.

 Kenyataan bahwa banyak manusia yang tidak baik di sekitar Anda. Mereka berwatak jahat dan merugikan Anda, mereka tidak dapat dipercaya. Apakah dengan demikian Anda menjadi menutup diri dan tidak mau bergaul dengan mereka. Anda tidak bisa hidup sendiri, itu kenyataan yang tidak bisa dipungkiri. Oleh karena itu Anda harus melihat bahwa dalam diri orang lain terdapat juga sejumlah sifat positif. Dengan demikian, Anda harus membangun perasaan yang cenderung untuk mendekati orang lain, memulai perkenalan, memberi perhatian, melayani dengan tulus, dan membina persahabatan. Para pakar bilang, bahwa IQ bukan penentu kesuksesan seseorang, tapi bagaimana dia bergaul dan memanfaatkan pergaulannya itulah yang sangat mempengaruhi kesuksesannya.

 c.      Positif terhadap pekerjaan.

 Dalam wawancara rekrut karyawan, saya pernah mendengar alasan bekerja adalah untuk memperbaiki status daripada menganggur namun sebagian besar dengan alasan untuk mencari nafkah. Apakah Anda menerima karyawan yang pertama ? Pekerjaan sering ditempatkan sebagai sesuatu yang harus dikerjakan dengan terpaksa dan ada pula yang mengatakan sebagai kutukan.  Bisa saja Anda merasa berat dalam bekerja, namun pekerjaan adalah sesuatu yang diciptakan oleh Yang Maha Kuasa untuk kita nikmati.

Orang-orang yang selalu negatif dengan pekerjaannya tidak akan bisa membangkitkan antusiasme dalam dirinya. Sebaliknya bila Anda berfikir bahwa pekerjaan Anda adalah anugerah Illahi, maka Anda akan selalu termotivasi untuk lebih baik lagi. Hari-hari perjelanan karir Anda akan terasa lebih indah dan tidak terasa Anda sudah menjadi orang yang berhasil.

 d.    Positif terhadap dunia sekitar.

 Pikirkan dan sikapilah dunia sekitar Anda dengan kacamata positif, terutama lingkungan sosial dan alam dimana Anda berada. Dengan bersikap positif, maka Anda akan melihat banyak sekali kesempatan untuk mengembangkan potensi Anda.

 Anda tentu pernah mendengar bahkan sangat akrab dengan nama Walt Disney. Lelaki miskin ini bercita-cita untuk hidup dari bakatnya melukis. Meskipun untuk mendapat pekerjaan sebagai seorang pelukis sangat sulit, namun dia tidak pernah putus asa.

Karena kegigihan dan kesungguhannya, seorang pendeta terkesan dan menaruh belas kasihan. Disney kemudian diberi kesempatan tinggal di gudang gereja dengan imbalan ia mau menggambar poster dan pengumuman untuk keperluan komunitas gerejanya.

Sebagai seniman, dia dianggap manusia aneh. Dia kesepian, sendiri dan tak seorangpun mengerti dirinya. Dalam kesepiannya itulah ia mulai berkawan dengan dua ekor tikus yang ada dalam gudang gereja. Tikus itulah yang menjadi teman sejatinya, dan yang sehari-hari mampu menghibur dirinya.

Untuk membalas budi baik kedua sahabatnya ini, Walt Disney kemudian membuat tikus tersebut menjadi tokoh kartun serial untuk anak-anak gereja. Dan kedua tikus Disney ternyata disukai anak-anak. Kelak keduanya menjadi tikus paling terkenal di dunia. Anda pun pasti mengenal mereka, Micky Mouse dan Minny Mouse.

Inilah awal keberhasilan yang diluar impian Walt Disney sendiri. Walt Disney kemudian menjadi legenda keberhasilan dengan menggabungkan bakat dengan dunia sekitar. Walt Disney adalah perusahaan hiburan terbesar dan paling menguntungkan di dunia dengan omzet miliaran dolar.

 Ronny Siagian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s