PERCAYA DIRI (Bagian 2)

MENGAPA ANDA TIDAK PEDE ?

Confidence_ImageApa reaksi Anda ketika Anda diberi kesempatan untuk mengerjakan suatu pekerjaan yang lebih besar yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya ? Bagaimana perasaan Anda ketika diminta menghadap bos besar Anda ? Apakah Anda akan merasa bergairah untuk menyambut tantangan itu, atau mungkin malah takut ?

Saya yakin bahwa Anda memiliki keinginan untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi dalam karier Anda. Namun nyatanya, keinginan Anda hanya sekedar angan-angan. Mengapa demikian ? Karena Anda kurang percaya diri.

Kenapa seseorang menjadi kurang percaya diri dalam berbagai hal. Berikut adalah beberapa penyebab yang mungkin membuat seseorang kurang percaya diri, antara lain :

  • M i n d e r

Beberapa orang lebih memilih duduk di pojok ruangan pertemuan sosial atau di kursi belakang ruang rapat, karena dia merasa rendah diri atau minder ? Status sosial, latar belakang pendidikan dan penampilan bisa membuat seseorang menjadi minder.

Apabila Anda merasa seperti itu, ingatlah bahwa banyak tokoh atau pengusaha besar yang sukses tanpa memiliki pendidikan formal yang tinggi. Apabila Anda tidak memiliki pendidikan formal yang tidak terlalu baik, profil mereka tentu bisa membantu Anda untuk mengembangkan rasa percaya diri Anda. Memang banyak perusahaan atau instansi yang menjadikan latar pendidikan formal sebagai syarat untuk menduduki suatu posisi tertentu, kalau demikian mulailah berencana untuk mengikuti pendidikan formal. Tetapi ketika Anda berbicara, orang lain tidak melihat latar belakang pendidikan Anda, isi dan cara Anda menyampaikannya, itulah yang mereka lihat.

Jangan menjebak diri Anda sendiri ke dalam praktek yang membandingkan fitur terburuk Anda dengan fitur terbaik orang lain. Belum tentu orang tersebut sehebat yang Anda bayangkan, bisa saja Anda justru yang lebih hebat dari orang tersebut. Oleh karena yakinlah dengan segala kelebihan yang Anda miliki.

  • Penampilan

Coba Anda bayangkan jika seseorang datang dengan pakaian pantai dalam pertemuan manager di ruang meeting resmi, tentu aneh bukan ? Mungkin Anda tidak pernah melakukan hal seekstrim itu. Tapi yang saya maksudkan adalah, Anda harus selalu memperhatikan penampilan Anda. Sesuaikan penampilan Anda dengan situasi yang Anda hadapi, dengan demikian Anda akan selalu tampil percaya diri.

Mungkin Anda merasa rendah diri dengan bentuk fisik Anda. Satu hal yang perlu Anda ingat adalah Tuhan yang membentuk kita semenjak kita masih di dalam rahim ibu kita. Tuhan tidak terlalu sibuk sehingga Dia mendelegasikan tugas pembentukan kita kepada malaikatNya. Entah seperti apa bentuk tubuh kita, itulah yang terbaik bagi kita. Kita adalah orang yang istimewa. Tidak ada seperti kita di dunia ini. Sesungguhnya kita adalah orang yang luar biasa. Tentunya kita juga memiliki pengetahuan untuk bisa merawat tubuh kita sehingga tetap sehat, segar dan menarik.

Jadi kenapa kita sering memandang orang lain lebih baik dari pada diri kita sendiri ? Sebenarnya yang membuat orang lain terlihat lebih baik adalah karena mereka mengoptimalkan potensi yang mereka miliki. Kembangkanlah potensi yang Anda miliki, maka Andapun akan terlihat lebih baik dari orang lain.

  • Tidak Berpengalaman

Sepertinya persyaratan untuk menduduki posisi yang lebih tinggi selalu membutuhkan pengalaman. Bahkan dalam melamar pekerjaanpun selalu ditanyakan mengenai pengalaman, padahal pengalaman bukanlah jaminan bahwa seseorang itu akan lebih baik dari orang lain yang belum berpengalaman.

Sebenarnya didalam diri kita terdapat kekuatan yang bisa diandalkan dalam menghadapi sesuatu yang baru. Masalahnya adalah, apakah kita menyadari hal tersebut atau tidak. Seorang bayi tentu tidak mempunyai pengalaman berjalan sebelum dia bisa berjalan. Tapi disaat mulai berjalan, dia beberapa kali terjatuh yang membuat dia cepat berjalan dengan baik.

Jadi Anda tidak perlu kuatir untuk menerima dan mencari peluang tugas-tugas baru, meskipun Anda belum mempunyai pengalaman dalam hal itu. Anda tidak harus memiliki pengalaman dalam menerima atau menjalankan sesuatu pekerjaan yang baru buat Anda. Percayalah, kalau Anda memanfaatkan potensi yang Anda miliki, tentu Anda tidak akan disusahkan oleh sejumlah pengalaman. Anda pasti bisa menerima tantangan yang bahkan sama sekali baru bagi Anda. Kuncinya adalah mau dan berusaha dengan keras.

  • Terlalu Muda atau terlalu tua

Memang ada persyaratan usia yang ditetapkan dalam menduduki suatu posisi di suatu perusahaan atau organisasi. Kalau demikian, apa boleh buat, berarti Anda harus mengikuti persyaratan tersebut. Akan tetapi persyaratan tersebut sering sekali berlaku bagi pelamar baru, bukan dalam rangka promosi karyawan yang sudah bekerja di perusahaan tersebut.

Tapi meskipun persyaratan tersebut ada, Anda tetap bisa mencari peluang untuk menduduki posisi yang lebih baik di perusahaan Anda. Kenyataannya adalah bahwa jabatan para petinggi-petinggi suatu perusaaan bisa dipegang oleh profesional muda dan juga orang yang usianya sudah lanjut.

Apabila Anda di usia yang masih muda sudah mulai berpikir untuk berkarier, selamat bagi Anda karena Anda memiliki waktu yang panjang untuk berkarier. Gulirkan terus semangat untuk berkarier, niscaya Anda akan menjadi orang yang sukses, baik di dalam karier maupun di bidang bisnis yang akan Anda geluti. Tapi jangan biarkan usia Anda membuat Anda terlena karena merasa memiliki waktu yang masih cukup panjang. Manfaatkan segala peluang yang ada untuk meningkatkan karier Anda. Usia yang muda sama sekali bukan penghalang bagi Anda untuk berkarier. Hanya janganlah Anda menjadi orang yang terlihat sangat ‘rakus’ sehingga Anda melupakan etika dan sopan santun dalam bekerja. Apabila Anda ingin mulus dalam berkarier maka Anda perlu memperhatikan sikap Anda. Banyak karyawan atau profesional muda yang kariernya tersandung bukan karena pengetahuan atau kemampuannya didalam melaksanakan tugas-tugasnya, akan tetapi karena tidak memiliki etika dalam bekerja. Sikap ‘to the point’ dari karyawan muda apalagi yang mempunyai latar pendidikan yang tinggi, sering sekali menjadi sikap sombong dan kurang menghiraukan perasaan orang lain. Hal ini akan membuat hubungan Anda dengan orang lain menjadi tidak harmonis.  Anda harus lebih berhati-hati dalam bersikap. Jadilah profesional muda yang memiliki sikap dan kecakapan yang bisa menyenangkan sebanyak orang di tempat Anda.

Bagi Anda yang merasa sudah terlalu tua untuk berkarier, mulai dari sekarang buanglah perasaan itu. Saya tidak begitu percaya perusahaan atau pimpinan Anda akan membatasi karier Anda hanya karena usia Anda yang sudah tua. Sepanjang Anda mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain, tentunya Anda akan selalu memiliki peluang untuk menduduki karier yang lebih baik. Tapi jangan tergiur dengan godaan untuk menggunakan taktik orang yang tidak mau membagi ilmu kepada bawahan atau kepada orang lain dengan tujuan supaya hanya Anda yang menguasainya dengan demikian Anda tetap dipertahankan oleh perusahaan atau pimpinan Anda. Kalau itu yang Anda gunakan, maka usaha Anda itu tidak akan efektif bahkan akan berdampak tidak baik bagi masa depan karier Anda. Anda tidak akan bisa mengembangkan ruang lingkup kerja Anda apabila Anda tidak membagi pengetahuan atau pekerjaan Anda kepada orang lain. Anda akan menjadi sibuk dengan pekerjaan-pekerjaan yang itu-itu saja, sehingga Anda kehilangan kesempatan untuk mengerjakan hal-hal yang lebih besar lagi.

Mungkin Anda merasa sudah terlalu tua dan sebentar lagi akan pensiun, sehingga Anda tidak memiliki ambisi lagi untuk meningkatkan karier. Kalau demikian halnya, tidak mengapa, sepanjang Anda tidak mengeluh akan keadaan Anda yang sekarang. Tapi meskipun Anda sudah cukup tua dan mau menikmati masa-masa tua Anda,  adalah tanggung jawab Anda untuk berkarya terus untuk memberi motivasi bagi penerus Anda.

Ronny Siagian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s