BERKOMUNIKASI DENGAN BAIK

Foto Ronny SiagianSebagai seorang karyawan tentunya Anda sudah sering diperhadapkan dengan berbagai masalah di tempat Anda bekerja. Memang, dimanapun kita bekerja, masalah akan selalu ada, tidak akan pernah habis. Tapi kalau kita perhatikan, ternyata kebanyakan permasalahan lebih disebabkan karena kurang efektifnya komunikasi diantara para karyawan.

Kesalahan desain produk yang terjadi di perusahaan manufaktur, bukan semata-mata karena para insinyur tidak bisa mengerjakannya, akan tetapi karena adanya perbedaan persepsi atas informasi yang diterima. Instruksi dari pimpinan yang tidak dilaksanakan oleh anak buah bukan karena anak buah yang membangkang, akan tetapi lebih sering karena mereka tidak mengerti dengan jelas isi dan maksud dari instruksi tersebut. Demikian juga dengan tindakan atau keputusan yang diambil oleh pimpinan, menjadi tidak tepat sasaran karena informasi yang diterima oleh anak buah tidak mencukupi.

Karena banyaknya masalah komunikasi yang timbul di dalam organisasi, maka para pemimpin selalu menekankan akan pentingnya menjalin komunikasi diantara para karyawannya.

Kemampuan berkomunikasi menjadi suatu keharusan bagi seorang karyawan dalam menjalankan tugasnya sehari-hari. Namun lebih dari itu, kemampuan berkomunikasi yang efektif, bisa menjadi sarana untuk meningkatkan karier seorang karyawan di tempatnya bekerja.

Yanto seorang karyawan baru yang diterima sebagai stock keeper di gudang alat-alat berat di salah satu mine site dari perusahaan kontraktor tambang milik orang asing, tentu pengalamannya masih kalah dibandingkan dengan karyawan-karyawan seniornya. Namun kemampuannya dalam berbahasa Inggris membuat dia menjadi orang yang dipercaya oleh superintendentnya dalam memberitahu tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh karyawan lainnya. Kemampuannya dalam memahami pembicaraan dan pemikiran dari superintendentnya dan kemudian kemampuannya dalam mengomunikasikannya kepada karyawan lain, membuat dia dipercaya menjadi seorang pemimpin kelompok (group leader).

Mungkin Anda juga sering mendengar atau memperhatikan bahwa mereka yang menguasai teknik-teknik berkomunikasi yang baik, terlihat lebih menonjol dan menjadi seorang pemimpin dimanapun dia berada. Oleh karena itu, apabila karier Anda ingin melejit,  pelajarilah cara berkomunikasi yang efektif.

Ada banyak model komunikasi yang terjadi diantara karyawan, namun yang akan kita bahas dalam bab ini adalah bentuk komunikasi yang terjadi diantara para karyawan berdasarkan hirarki atau struktur organisasi.

  • Berkomunikasi dengan Atasan
  • Berkomunikasi dengan Rekan Kerja
  • Berkomunikasi dengan Bawahan

Ronny Siagian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s