ANTUSIASME

papa-cn-7i 1Antusiasme penting untuk selalu kita asah, terutama bagi Anda para karyawan, karena dengan antusiasme maka Anda memiliki peluang untuk berhasil dalam karier.

Seperti apa sih ‘antusiasme itu? Coba Anda perhatikan, ketika sedang jalan-jalan ke mal seringkali kita menemui banyak karyawan sales, karyawan gerai restoran ataupun café yang mengajak Anda untuk mencoba produk yang mereka tawarkan. Terkadang, mereka sampai berteriak-teriak menawarkan produknya guna menarik perhatian pengunjung mal yang begitu ramai.

Dengan bahasa tubuh dan sapaan ramah mereka akan mendekati kita untuk mencoba produk yang ditawarkan. Misalnya, “Mbak, dicoba ada menu baru di café kami, silakan mampir”

Ya itulah ‘antusiasme’ yang ditunjukkan para karyawan yang gencar menawarkan produk mereka kepada para pengunjung. Di mana saat mereka menawarkan produk baru itu, tatapan matanya fokus pada kita, dan suaranya yang lantang menjelaskan semua produk tersebut. Terlihat bagaimana bergairahnya para pekerja sales itu menawarkan kepada kita.

Antusiasme dalam bekerja adalah penting bagi karyawan dalam mencapai kesuksesan. Berikut contoh lain sikap antusiasme yang dapat membantu Anda untuk memahami pembahasan pada bab ini.

Saat-saat mendekati puncak gunung, energi dari para pendaki pasti akan semakin menurun. Namun ada satu kekuatan yang luar biasa yang mereka miliki ketika mereka sudah melihat puncak gunung yang mereka idam-idamkan. Meskipun puncak tersebut terkadang tidak terlihat jelas karena ditutupi oleh kabut yang tebal, tapi semangat untuk segera menggapainya semakin terasa. Keinginan yang kuat tersebut kita sebut sebagai “antusiasme”.

Begitu juga dengan Anda. Setelah membaca bab akhir buku ini, saya harap dalam diri Anda tumbuh sikap antusiasme untuk mencapai puncak karier sebagaimana yang Anda impikan. Terlebih Anda menyadari sudah bertahun-tahu Anda mendaki menuju perjalanan ke puncak karier yang cukup panjang, tentu Anda sudah menghabiskan banyak energi. Tetapi jika Anda merasa bahwa diri Anda hanya “berputar-putar” saja pada posisi yang itu-itu saja tanpa adanya perubahan dalam karier, maka sudah waktunya bagi Anda untuk “berdiam diri sejenak”.

Coba pusatkan kembali energi Anda, lalu periksalah GPS (global posisition system), liat petunjuk arah karier Anda dengan memerhatikan peta Struktur Organisasi yang ada pada perusahaan. Amati sejenak, dan perhatikan. Di mana saat ini posisi karier Anda berada? Seberapa jauh jarak Anda menuju ke puncak karier yang akan Anda raih?

Dengan menggunakan alat bantu GPS dan Struktur Organisasi itu akan memudahkan Anda untuk meringkas langkah Anda menuju puncak karier, supaya dapat mencegah Anda melakukan perjalanan yang tidak terarah. Karena kalau Anda salah arah, tentu akan sia-sia membuang energi dan waktu Anda. Jadi sebelum menuju ke puncak karier perhatikan dengan cermat arah jalan yang harus Anda lalui.

Namun, jika Anda sudah mengetahui bahwa posisi Anda sudah mendekati posisi yang akan Anda tuju, tentu Anda tidak akan berdiam diri, menyerah dan puas pada posisi tersebut.

Para pendaki sejati, meskipun mereka sudah sangat lelah, tetapi antusiasme atau semangat mereka akan semakin tinggi ketika mengetahui bahwa mereka sudah mendekati puncak gunung yang akan mereka capai. Mereka akan merencanakan pendakian puncak (summit attack) dengan baik. Secara tidak langsung, api antusiasme akan menggerakkan jiwa dan raganya menuju puncak.

Antusiasme, gairah, semangat atau passion merupakan syarat yang harus dimiliki seseorang apabila ingin sukses dalam hidup. Anda boleh saja mempunyai tujuan, keinginan, sasaran atau rencana yang sudah terjadwal dengan bagus, namun jika Anda tidak memiliki antusiasme dalam menjalankannya, maka bisa dipastikan bahwa hasil yang Anda peroleh tidak akan sesuai dengan yang Anda harapkan.

Orang-orang yang sukses adalah mereka yang memiliki antusiasme yang besar. Sebaliknya, orang-orang yang gagal adalah mereka yang tidak memiliki antusiasme di dalam hidupnya.

Karena itu milikilah semangat atau antusiasme di dalam setiap hal yang kita lakukan, agar semakin mendekatkan diri kita kepada sukses yang kita impikan.

Ronny Siagian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s