Pemimpin Harus Memiliki Visi yang Jelas

10363826_10204413819198906_2238337966053899185_n“The best way to succeed is to have a specific Intent, a clear Vision, a plan of Action, and the ability to maintain Clarity. Those are the Four Pillars of Success. It never fails!” – Steve Maraboli –

“Having a Vision is not enough. It must be combined with imagination, determination, faith, hope and passion. It is not enough to just stare up at the stars…we must become the stars that the stars shine down on.” – Victoria June –

Senang sekali mengetahui kalau motif Anda ingin menjadi seorang pemimpin adalah karena Anda ingin menolong orang lain untuk menemukan kekuatan potensi mereka sehingga mereka bisa meraih kebahagiaan dari hasil yang mereka peroleh.

Wah… itu suatu keinginan yang mulia dan luar biasa. Semoga tercapai ya. Saya sudah bisa membayangkan kebahagiaan orang-orang yang berhasil mengembangkan potensinya dan yang sudah banyak memperoleh pencapaian-pencapaian dalam hidupnya ketika mereka mengikuti seorang pemimpin yang sejati. Berbahagialah pemimpin yang sejati tersebut. Sama seperti Anda, saya juga tetap belajar menjadi seorang pemimpin yang bisa membahagiakan banyak orang.

Namun kenyataannya banyak orang, calon pemimpin atau yang sudah jadi pemimpin yang tidak berhasil mewujudkan keinginan baik mereka tersebut. Kenapa? Tentu saja banyak penyebabnya, akan tetapi penyebab yang mendasar adalah ketika seseorang tidak mendefinisikan terlebih dahulu keinginannya dengan jelas, maka kemungkinan besar dia sulit mewujudkannya.

Oleh karena itu, Anda harus terlebih dahulu menerjemahkan motif baik Anda ke dalam gambar atau bentuk yang yang jelas, yang bisa memperlihatkan ‘menjadi seperti apa Anda nantinya di masa yang akan datang’. Gambar atau bentuk itulah yang disebut sebagai visi. Jadi motif harus diterjemahkan ke dalam visi yang jelas.

Visi ibarat sebuah cetak biru (blue print) atau maket ketika kita ingin membangun rumah atau bangunan lain dimana blue print tersebut memperlihatkan seperti apa bangunan itu nantinya. Mungkin Anda akan katakan, “Saya bisa bangun rumah tanpa blue print!”. Ya, memang Anda tidak punya blue print secara fisik, tetapi sudah ada di benak Anda bukan. Kita tidak akan pernah bisa membuat rumah jika kita tidak mengetahui rumah seperti apa yang akan kita bangun.

Jadi kalau Anda ingin menjadi seorang pemimpin yang sejati, maka visi yang jelas akan menjadi modal Anda untuk membangun, menginspirasi dan memotivasi orang lain untuk mengoptimalkan potensi terbaik mereka. Pemimpin seperti apa Anda nanti di masa yang akan datang.

(Dikutip dari “Becoming A Leader” by Ronny Siagian)

Ronny Siagian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s